Senin, Januari 28, 2008

Soeharto dan Ibu-ibu yang Diperkosa Jin

:: Soeharto dalam 27 Front Page Koran Hari Ini

Dari 27 koran yang bisa saya dapatkan hari ini, hanya Lampu Merah yang tidak memasang headline berita kematian Soeharto. Lampu Merah “membandel” dengan memasang headline berjudul “Ibu-ibu Diperkosa Jin”.

Selebihnya, semua memasang headline berita kematian Soeharto. Tak hanya itu, nyaris semua halaman muka (front page) koran-koran yang terbit hari ini dipenuhi oleh berita tentang kematian Soeharto dan tak menyisakan untuk berita yang lain. Suara Karya, Bisnis Indonesia, Non-Stop, Top Skor dan Lampu Merah menjadi contoh koran yang tak menghabiskan semua front page-nya untuk memberitakan kematian Soeharto.

Saya belum membaca secara detail semua koran. Tapi, dari pembacaan secara acak, ada satu feature yang menarik buat saya, yaitu feature di halaman 2 Koran Tempo yang berjudul “Dua Puluh Menit Menuju Cendana” yang ditulis oleh Dwi Wiyana. Feature ini menceritakan pengalaman sopir ambulance yang membawa jenasah Soeharto dari RSPP ke Cendana. Ini mengingatkan saya pada tulisan Jimmy Breslin berjudul “Ini Sebuah Kehormatan” yang menceritakan kisah penggali kuburannya John F Kennedy.

Saya puas bisa mendapatkan nyaris semua koran yang saya temukan di Jakarta. Ada beberapa yang saya tak bisa dapatkan yaitu Suara Pembaruan edisi Minggu (27/1) dan Kontan edisi Senin (28/1). Mungkin saya akan mencarinya lagi.

Saya membayangkan, 30 tahun kemudian, saya tak akan kesulitan jika mesti menulis tentang kematian Soeharto. Ini sumber sejarah, saya kira. Mungkin, kelak, saya juga bisa membantu siapa saja yang hendak meneliti subjek ini.

Di bawah ini, Anda bisa melihat 27 front page koran hari ini.

post-script: Untuk bisa melihat gambar dengan lebih jelas, klik saja dua kali gambar yang hendak Anda lihat.






















































-----------------------

Soeharto dan Titimangsa 27 Januari?

Soeharto mati pada 27 Januari 2008. Apa yang dilakukan Soeharto pada 27 Januari di tahun-tahun sebelumnya? Pada 27 Januari 1969, Soeharto mengirimi Nixon ucapan selamat menjadi Presiden Amerika. 39 tahun kemudian, pada 27 Januari juga, Soeharto menerima ucapan selamat jalan yang terakhir. Apa aktivitas Soeharto pada 27 Januari di tahun-tahun awal kekuasaannya? Buku “Jejak Langkah Pak Harto: 28 Maret 1968 – 23 Maret 1973” bisa memberikan jawabannya. Baca selengkapnya....

6 komentar:

Anonim mengatakan...

coba majalah juga dong om..
pengen tahu..FHM dan PBI ?
jadi HL juga ndak ya ??
*serius*

Okky Madasari mengatakan...

Zeeeen....pertanyaan ini yang aku pikirkan sejak Soeharto meninggal. thanks udah kasih jawaban secara aku lagi di Bali sejak 23 Januari.

:)

anima mengatakan...

wedeww, tekun juga ngumpulinnya, nice work :D

rosyidi mengatakan...

Mungkin kalo di Surabaya koran lampu merah sama dengan koran metro.. (lupa namanya), isinya tentang mistis. Ya jelas aja gak memunculkan pak harto soalnya merka fokus ke mistis. Gak tau lagi kalo ada faktor lainnya.

kw mengatakan...

instingnya itu loh, aku ga kepikiran sama sekali :)

sahat tarida mengatakan...

hari ini Asvi menyampaikan, kekhawatiran pada para siswa-generasi mendatang. ia hanya mengungkapkan bahwa sejarah bukan hanya tampilan televisi dan koran.
sebagai mahasiswa yang pernah kuliah di jurusan sejarah, sudah tepat untuk tepat membantu ingatan...
wis, muleh se. ono sing enteni...